Sejarah

Himpunan Mahasiswa adalah organisasi mahasiswa di tingkat jurusan atau program studi di suatu perguruan tinggi. Keberadaan himpunan mahasiswa haruslah berdasarkan prinsip dari, oleh dan untuk mahasiswa. Himpunan mahasiswa jurusan atau program studi merupakan media bagi anggotanya untuk mengembangkan pola pikir dan kepribadian yang berkaitan dengan disiplin ilmunya agar siap terjun ke masyarakat.

Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik atau HIMA AP itu sendiri awalnya dibentuk pada tahun 2003 sesuai dengan tahun berdirinya Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP Untirta. Berdasarkan SK No. 295/D/T/2003 tentang perpanjangan izin penyelenggaraan Program Studi Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi. Yang awal mulanya bernama Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara atau HIMANE.Sehubungan dengan perubahan nomenklatur program studi Ilmu Administrasi Negara menjadi Administrasi Publik pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Untirta 2017. Maka dalam hal ini juga mempengaruhi  nama himpunan serta logo yang digunakan.

2006 – 2017 (Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara atau HIMANE)

2018 - Sekarang (Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik atau HIMA AP)

Perubahan nama HIMANE menjadi HIMA AP ini juga mengikuti dengan berubahnya nama Prodi Ilmu Administrasi Negara menjadi Prodi Administrasi Publik. Dimana perubahan nama ini dimulai sejak tahun 2018 hingga sekarang.

HIMANE (Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara) kini berubah menjadi HIMA AP (Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik.

Berikut ini merupakan perwujudan dari logo HIMA AP serta makna yang terkandung dalam logo.



Makna Warna

Oranye

"Persaudaraan, persahabatan, kehangatan, dan keadilan"

Nilai persaudaraan yang kental sudah sejah dahulu menjadi nafas dari himpunan ini. Kekeluargaan baik di dalam internal pengurus hingga pada anggota dibawahnya.

Biru

"Ketenangan, dinamis, komunikasi, kecerdasan, dan keteraturan."

Ketenangan dalam menjalani mesin himpunan diharapkan dapat menghasilkan kebijakan yang tepat. Selain itu keteraturan dan kecerdasan menjadi aspek penting dalam keilmuan administrasi publik.

Merah

"Tekad, ambisi, perjuangan, cinta, dan keberanian."

Sejatinya sebagai organisasi yang sudah pasti memiliki tujuan, maka tekad dalam berjuang dan nilai keberanian dan cinta pada jurusan mutlak harus dimiliki tiap anggotanya bahkan organisasi itu sendiri.

Emas

"Kesuksesan, kesehatan, kejayaan, dan kesejahteraan."

Harapan akan tercapainya kesuksesan bersama, dan capaian tertinggi sebagai cita-cita ideal yang diharapkan bersama menjadi tujuan bagi organisasi ini.

Hitam

"Kekuatan dan perubahan."

Menjadi nilai ketegasan dan kekuatan yang jelas, dan sebagai alat perubahan bagi nilai-nilai yang diinginkan.

Makna Simbol

Rangka Panah

"Wadah, rumah, fasilitas, dan bingkai kesatuan."

Selain sebagai rumah, rangka panah ini menggambarkan himpunan sebagai salah satu wadah mahasiswanya (anak panah) untuk mencapai kesuksesan.

Mata Gir

"Penggerak, kontinyuitas, dan sinergitas."

Simbol ini menggambarkan himpunan sebagi roda penggerak yang berkelanjutan dan berjalan beriringan bersama dengan mahasiswanya dan juga jurusan keilmuannya.

Pena

"Perubahan, keilmuan, intelektualitas, dan keinginan."

Sebagai sarana perubahan dan mewakili bidang keilmuan yang lebih banyak menjadi perhatian dilingkungan himpunan. Pena juga menggambarkan kegiatan umum yang dilakukan oleh para administrator pada umumnya.

Mata Panah

"Tujuan dan cita-cita ke arah yang ideal."

Simbol yang menggambarkan ambisi dan tujuan kearah kesuksesan bersama, baik organisasi dan mahasiswanya hingga ke ranah jurusan.

Kipas

"Keseimbangan dan kesejukan"

Digambarkan sebagai keseimbangan prestasi antara akademik dan non akademik yang disamakan porsinya. Bahwa keduanya memiliki kepentingan yang seimbangan dan saling melengkapi agar sinergitas yang diharapkan tercipta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AP EDUWISATA

BEGINNING

KABINET BERSINAR